oleh

Anggota DPRD Lamsel Jengis Khan Haikal Gelar Sosialisasi IPWK Ke Masyarakat Dapil I Kalianda-Rajabasa

 694 Orang Sudah Membaca

Wartapublik.net, Kalianda – Anggota DPRD Lampung Selatan (Lamsel), Jenggis Khan Haikal, SH, MH, menggelar sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) terhadap masyarakat di Dapil I Kalianda – Rajabasa.

Kegiatan tersebut dipusatkan di lapangan STIH Muhammadiyah Kalianda, tepatnya di Dusun VI Desa Kedaton. dan dihadiri langsung oleh puluhan warga sekitar, Kamis, (18/05/23).

Diketahui bahwa Ideologi Pancasila adalah kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan berdasarkan lima sila yang ada.

Pancasila sebagai ideologi negara mengalami masa perkembangan, seperti halnya dimasa orde lama dan orde baru dan era reformasi. Jadi dari semua pihak menyetujui jika ideologi adalah kumpulan gagasan yang disepakati bersama dan merupakan ciri khas bangsa kita, kita semua wajib bangga.

“Adapun fungsi dari Pancasila sebagai ideologi negara yakni diantaranya menyatukan bangsa Indonesia, membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan bernegara, sebagai identitas bangsa Indonesia, mewujudkan keadaan dalam cita-cita Pancasila, menjadi pedoman dalam kehidupan bangsa Indonesia,” ucap Politisi dari Demokrat itu.

Selain menjelaskan tentang Ideologi Pancasila, dirinya juga mengajak masyarakat untuk mengetahui pentingnya wawasan kebangsaan. Dimana wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa yang tidak dapat terpisahkan serta diatur dalam Pancasila dan UUD 1945.

“Jadi dalam asasnya bahwa hal ini merupakan ketentuan dasar yang harus ditaati, dipatuhi, dan dipelihara,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, dalam kesimpulannya, Jenggis menjelaskan bahwa kepentingan bangsa merupakan kepentingan diatas segala.

“Karena nilai dalam wawasan kebangsaan ini diantaranya yakni saling menghargai sesama, cinta tanah air, demokrasi dan kedaulatan rakyat, serta masyarakat yang adil dan makmur dalam kesetiakawanan sosial” ujarnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed