oleh

Kecamatan Jati Agung Dapat Jatah Anggaran Pembangunan Sebesar Rp37 Miliar Pada Tahun 2022

 288 Orang Sudah Membaca

LAMPUNG SELATAN, Wartapublik.net – Kecamatan Jati Agung mendapat jatah anggaran pembangunan untuk tahun 2022 sebesar Rp37 miliar dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Hal itu terungkap dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kecamatan Jati Agung Tahun 2023 yang berlangsung di Desa Fajar Baru, Kecamatan Jati Agung, pada Senin siang (14/02/2022).

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto membuka langsung Musrenbang RKPD kesembilan yang dilaksanakan di Kecamatan Jati Agung.

Hadir juga dalam Musrenbang itu, Anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan dari Dapil lima (Jati Agung), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin, para pejabat utama dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Lampung Selatan, Camat serta Forkopimcam Jati Agung.

Selain itu, nampak hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua DWP Lampung Selatan Yani Thamrin, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta elemen masyarakat Kecamatan Jati Agung lainnya.

Dari data yang dihimpun, Kecamatan Jati Agung mendapat kucuran anggaran pembangunan dari Pemkab Lampung Selatan sebesar Rp.37.320.712.394 di tahun 2022.

Besaran anggaran untuk pembangunan di 21 desa se-Kecamatan Jati Agung itu terdiri dari anggaran operasional Kecamatan Jati Agung sebesar Rp. 2.737.130.300 serta Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2022 sebesar Rp. 34.583.582.094.

Dalam arahannya, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto meminta kepada aparatur pemerintahan di kecamatan dan desa agar dapat memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. Sehingga mempermudah tercapainya tujuan pembangunan.

Karena menurut Nanang, dengan memahami tupoksi masing-masing, maka akan dapat menumbuhkan sinergitas dari seluruh jajaran pemerintahan. Terutama dalam melawan pandemi COVID-19 yang masih melanda bangsa Indonesia hingga saat ini.

“Pahami tupoksi masing-masing. Camat dan kepala desa ini suri tauladan masyarakat. Budayakan gotong-royong, dan juga kita harus tetap menjaga disiplin protokol kesehatan. Apalagi sekarang musim penghujan, waspada demam berdarah,” imbuh Nanang.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto kembali mengingatkan jajaran kecamatan dan desa untuk terus menggali potensi di wilayahnya masing-masing. Hal itu untuk menggeliatkan perekonomian akibat pandemi COVID-19.

“Apa potensi yang ada di Kecamatan Jati Agung, terutama pada desa masing-masing. Disini peran penting tokoh-tokoh desa, selalu tingkatkan kebersamaan kita. Mudah-mudahan dengan persatuan dan kesatuan kita, Omicron bisa kita lawan,” kata Nanang.

Menurut Nanang, melawan dampak pandemi COVID-19, salah satunya dapat dilakukan dengan menumbuhkan ide-ide kreatif dengan menggali potensi yang ada di desa.

“Lihat potensi apa yang bisa menjadi unggulan dan dapat dikembangkan untuk pertumbuhan ekonomi, untuk kemajuan desa. Butuh kebersamaan, satukan pemikiran, jangan sampai ada ego-ego pribadi yang dapat mengkesampingkan kebutuhan masyarakat,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed