oleh

Korupsi Dana Bos Ketua MKKS Tanggamus Coreng Dunia Pendidikan

 443 Orang Sudah Membaca

Tanggamus,Wartapublik.net – Aroma Dugaan korupsi menyeruak di SMP Negeri 1 Gisting, pemicunya adalah penyalahgunaan dana BOS di SMP Negeri 1 Gisting yang dikepalai oleh Sunarmi selaku Kepala Sekolah.

Dari hasil pengumpulan informasi tim di lapangan diduga kuat adanya penyalahgunaan dana BOS pada tahun 2021-2022 yang tentunya mencoreng nama pendidikan di Kabupaten Tanggamus.

Seperti diketahui, pada tahun 2021/2022, SMP Negeri 1 Gisting dikucurkan anggaran yang bersumber dari Anggaran pendapatan Belanja Negara (APBN), melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Tanggamus senilai Rp.725.890.000 juta. untuk membiayai 12 item kegiatan.

Sumber yang enggan disebutkan namanya menerangkan, pada realisasi Tahap 1 sebesar Rp.217.800.000,- yang digunakan untuk peningkatan siswa sebanyak 660 siswa.

Pada realisasi Tahap 2 sebesar Rp 289.960.000,- yang digunakan untuk peningkatan siswa sebanyak 659 siswa.

Realisasi Tahap 3 sebesar Rp218.130.000,- yang digunakan untuk peningkatan siswa sebanyak 661 siswa.

Dari besaran per item tersebut diduga pihak sekolah melakukan penggelembungan siswa hingga seperti biaya Pemeliharaan sarpras sekolah, pembayaran honor, kegiatan pembelajaran ekskul, pengembangan perpustakaan dan adminitrasi kegiatan sekolah, hingga perawatan sekolah, dimana dari hasil tim di lapangan bawasannya pada tahun tersebut pihak sekolah diduga tidak merealisasikan sepenuhnya anggaran tersebut, menurut pantauan pihak sekolah hanya melakukan pengecetan saja.

Bahkan bukan hanya dugaan korupsi dana BOS saja yang dilakukan pihak sekolah, seperti adanya dugaan pungutan liar sebesar Rp.3000 per siswa penerima dana BOS se Kabupaten Tanggamus pada saat dana BOS tersebut turun ke sekolah SMP masing-masing. Namun Hal itu akan dibeberkan pada edisi mendatang.

Adanya hal ini pihak sekolah khususnya kepala sekolah dan juga merangkap Jabatan sebagai Ketua MKKS SMP Tanggamus, Sunarmi mengatakan saat dikonfirmasi mengatakan, “Bang kita ini mitra bang sudah abang ngomong saja maunya apa,” ucap Sunarmi.

Hal tersebut terucap dari seorang Kepala Sekolah yang diduga berupaya untuk menutup wartawan yang ingin menggali informasi terkait adanya dugaan korupsi yang dilakukan oknum kepala sekolah tersebut dengan menanyakan ”maunya apa” diduga Sunarmi akan melakukan penyuapan terhadap wartawan.

Untuk itu diharapkan penegak hukum Kabupaten Tanggamus agar segera dapat membongkar dugaan KKN hingga dugaan pungli yang dilakukan Oknum Kepala Sekolah dan Ketua MKKS SMP Tanggamus tersebut. (Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed