oleh

Bupati Lampung Selatan Kunjungi SMA Negeri 1 Kalianda

 318 Orang Sudah Membaca

Wartapublik.net, Kalianda– Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melakukan kunjungan sekaligus menjadi pemateri pada acara dialog wawasan kebangsaan tentang penguatan pendidikan karakter menuju profil pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Kalianda, Senin (3/4/2023).

Kegiatan yang berlangsung dihalaman sekolah setempat, diikuti dengan semangat dan antusias oleh para pelajar dan dewan guru SMA 1 Kalianda.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SMA 1 Kalianda Darmiyati mengungkapkan, kunjungan tersebut merupakan bukti nyata bahwa Pemda Lampung Selatan sangat memperhatikan dunia pendidikan dan juga merupakan bentuk sinergi antara Pemda dan dunia Pendidikan.

“Kami merasa sangat terhormat dan bersemangat untuk menerima kunjungan Bapak bupati ke sekolah kami, seperti orang tua yang mengunjungi anak-anaknya,” Kata Kepala Sekolah SMA N 1 Kalianda.

Darmiyati juga menjelaskan SMA N 1 Kalianda menjadi sekolah negeri tertua di Kalianda yang sudah meluluskan banyak alumni, dan saat ini SMA N 1 Kalianda memiliki jumlah siswa sebanyak 1102 siswa dan 82 guru.

Ia menambahkan, tantangan pendidikan saat ini sangatlah kompleks dan beragam, terutama bagi sekolah dan guru dalam menghadapi kenakalan remaja yang semakin meningkat. Sehingga guru dan sekolah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan karakter siswa.

“Semoga dengan adanya kehadiran pak bupati disini dapat memberikan motivasi anak-anak kita ini agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan terlebih terkait kenakalan remaja,” katanya.

Sementara itu, dalam materinya Bupati Nanang mengatakan, di era perubahan yang terus berlangsung, kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang baru sangatlah penting.

Menurut Bupati Nanang, penting bagi kita untuk mempersiapkan diri sekarang dan menanamkan fundamen dasar Pancasila serta nilai integritas dan karakter di dalam diri kita, agar kita bisa menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat dan bangsa. Hal ini juga sejalan dengan tema penguatan pendidikan karakter menuju profil pelajar Pancasila yang menjadi fokus utama dalam acara tersebut.

“Cepatlah beradaptasi melihat situasi dan kondisi yang akan dihadapi dengan mempersiapkan diri sekarang tanamkan fundamen dasar pancasila serta nilai integritas dan karakter didiri kita agar kita ini bisa menjadi manusia yang berguna,” ucap Nanang.

Dihadapan para pelajar, Bupati Nanang juga memberikan pesan untuk terus belajar dengan rajin dan menikmati prosesnya. Selain itu, ia juga mengajak adik-adik untuk mengasah keterampilan, bakat, dan kemampuan yang dimiliki serta terus mengembangkan keahlian yang dibutuhkan di masa depan.

“Belajarlah dengan rajin dinikmati prosesnya, cari ilmu sebanyak-banyaknya, asah skil dan kemampuan,  bakat yang adik-adik punya. Saat ini bekerja itu tidak ditanya ranking, kembangkan keahlian, bagaimana membentuk karakter dari pengalaman,”pesan Nanang.

Bupati Nanang juga menegaskan bahwa saat ini, dunia kerja tidak lagi hanya mempertimbangkan peringkat akademik seseorang, tetapi juga melihat kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

Oleh karena itu, penting bagi adik-adik pelajar untuk terus mengembangkan diri dan membentuk karakter dari pengalaman. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed