oleh

Tim Patroli Polres Lampung Selatan Sisir Jalinsum Untuk Sterilisasi Pohon Berpotensi Tumbang

 127 Orang Sudah Membaca

Wartapublik.net, Kalianda – Tim Patroli Polres Lampung Selatan melaksanakan aksi sisir Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) bersama Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Selatan sebagai upaya pengecekkan keamanan bagi pengguna jalan menjelang libur natal dan tahun baru (Nataru) pada Senin, (27/11/2023).

Pada Nataru tahun ini, pengguna jalan diprediksi akan meningkat dari tahun sebelumnya. Kondisi cuaca yang memasuki musim penghujan, dapat berdampak terhadap tumbangnya pohon-pohon besar pelindung jalan.

Oleh sebab itu, aksi sterilisasi pohon berpotensi tumbang dilakukan guna meminimalisir terjadinya pohon tumbang yang dapat membahayakan keselamatan para pengguna jalan. Keselamatan pengguna jalan telah menjadi komitmen utama Tim Patroli Polres Lampung Selatan.

Kanit Patroli Polres Lampung Selatan, Ipda Adi Wiyono mengatakan, pembersihan pohon pelindung jalan yang berpotensi tumbang ini telah dilakukan dalam satu bulan terkahir. Terdapat enam titik lokasi yang telah dieksekusi.

“Kami, dengan dinas terkait, sudah melaksanakan pemotongan kurang lebih dari satu bulan kemarin. Sampai sekarang, sudah terdapat kurang lebih enam titik yang memang benar-benar mengganggu arus balik di Jalinsum,” jelas Ipda Adi Wiyono.

Tidak hanya itu, aksi penebangan pohon juga dilakukan terhadap pohon-pohon yang telah mati dan mengganggu keselamatan dan keindahan Jalan Lintas Sumatra.

Rully Fikriansyah, Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamat (Damkarmat) Lamsel menyampaikan, dalam rangka menghadapi Nataru, tindakan pengamanan ini dilakukan untuk melindungi pengguna jalan yang hendak berlibur.

“Tindakan yang kami lakukan ini merupakan upaya dalam memberikan pengamanan terhadap pengguna jalan yang akan berlibur atau pulang kampung. Jadi, kita lakukan pemangkasan pohon dan penebangan pohon yang sudah mati di sekitar Jalinsum,” terang Rully. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed